~: Cemburu pada mantannya?

oleh Anef Cinta

~: Cemburu pada mantannya?
~: Mungkin, semula Anda tak berpikir akan membandingkan diri dengan orang lain, apalagi pada mantan kekasih pasangan. Namun, karena Anda penasaran ingin mencari tahu tentang perempuan itu, akhirnya keluarlah seluruh kebaikan si mantan dari mulut pasangan yang membuat Anda jengah.
Atau ternyata pasangan masih mengingat mantannya dan sering membanding-bandingkan Anda dengan perempuan itu. Mau tidak mau rasa cemburu pun muncul. Mengelola rasa cemburu apalagi mengatasinya memang bukan hal yang mudah.
Anda mungkin bisa menghapus masalah dengan menemui perempuan itu untuk menjauhi pasangan Anda, atau Anda membuat kesepakatan agar pasangan tak melakukannya hal-hal yang bisa membuat Anda cemburu. Namun, apakah semudah itu masalah bisa selesai? Belum tentu. Mengubah kebiasaan orang lain sesuai keinginan kita lebih sulit daripada membuat orang itu berubah karena keinginannya sendiri.
Memang mengatasi rasa cemburu butuh ekstra kesabaran dan kerja keras. So, jangan pernah mengharapkan perubahan instan. Malah kadangkala Anda harus sedikit berdamai dengan perasaan ini. Meskipun begitu, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.
1. Jadikan Dia Teman
Daripada capek-capek melabrak perempuan itu, mengapa Anda tidak mencoba berbaik hati menjadikan ia teman. Ketika ia menelepon pasangan Anda dan meminta waktu untuk curhat, mungkin Anda bisa menawarkan bantuan untuk ikut mendengarkan curhat dan memberikan solusi. Mungkin sebagai perempuan, Anda bisa memberikan penyelesaian masalah yang lebih baik.
Singkirkan rasa tidak enak, anggap ia adalah teman baru yang butuh solusi atas masalahnya. Jika perempuan itu memang sekadar ingin curhat pada mantan pasangannya Anda yang sudah dianggapnya sahabat, pastinya ia tak keberatan Anda sebagai pasangan resmi, ambil bagian dalam peran ini.
2. Minta Jaminan Pada Pasangan
Jika perempuan itu menolak, Anda boleh sedikit curiga bahwa kemungkinan sesi curhat itu hanya bagian dari skenario untuk mendekati pasangan Anda lagi. Kalau ini yang terjadi, Anda punya dua pilihan. Memberikan kepercayaan pada pasangan bahwa ia takkan mengambil keuntungan dari posisinya itu. Mintalah jaminan bahwa pasangan tidak akan membohongi atau mengkhianati Anda.
Atau Anda bisa meminta ketegasan pasangan untuk menjauhi perempuan itu dengan mengatakan alasan yang bisa membuatnya mengerti. Ungkapkan pula rasa tidak aman Anda dan mintalah pertolongan pada pasangan untuk mengatasi masalah itu.
3. Jangan Membandingkan Diri
Setiap orang adalah pribadi yang unik. Tidak ada satu orang pun yang sama secara mutlak di dunia ini. Nah, tanamkan itu pada diri Anda dan terutama pada pasangan yang sering membanding-bandingkan. Sebenarnya tak ada salahnya jika Anda berubah menjadi lebih baik dari perempuan itu, jika ini untuk kebaikan Anda sendiri ataupun pasangan.
Namun, jika Anda merasa tidak nyaman dengan perubahan atau perbandingan itu, jangan paksakan. Sudah sepatutnya, pasangan bisa menerima diri Anda apa adanya. begitu pula dengan Anda, harus mau menerima pasangan apa adanya pula.
4. Berpikir Positif
Bicaralah pada diri sendiri tentang hal-hal positif. Ketika Anda mulai merasa sedih karena cemburu, ingatkan diri bahwa pasangan mencintai Anda. Jika tidak, untuk apa ia memilih Anda menjadi pasangannya. Seperti yang sudah disebutkan, seringkali rasa cemburu muncul karena rasa tidak aman yang Anda rasakan atau Anda ciptakan sendiri.
5. Jangan Cari Tahu
Agar tidak membangkitkan rasa cemburu, jangan mencari tahu atau sering mengungkit masa lalu pasangan dengan mantannya. Jika Anda tak memancing pembicaraan soal mantan, mungkin ia takkan termakan umpan untuk membeberkan. Jangan pula timbul keinginan untuk bertemu perempuan itu. Jika ternyata dia lebih cantik, Anda sendiri juga kan yang kecewa.
Nah jika sudah berhasil menyingkirkan rasa cemburu, Anda akan terbebas dari perasaan tidak aman. Hubungan Anda dengan pasangan pun akan semakin mesra.
~:
Ditulis Oleh : Anef Cinta
Kategori : tips cinta,
~:
~: more on www.ae.nu.mu :~

Visitor Ip: 202.3.213.130

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: