~: Support when the lost & kinds

oleh Anef Cinta

~: Support when the lost & kinds
~: Kehilangan orang yang dicintai akan membuat dunia serasa kiamat. Jika pasangan yang sedang tertimpa musibah, Anda harus mencari tahu cara mengatasi perasaan duka yang sedang menimpa pasangan, dan memberi dukungan kepadanya.Dari sekian banyak rasa duka yang kita alami, ada pola yang bisa dikenali. Dimulai dari perasaan terguncang dan tidakpercaya, lalu masuk ke periode gelisah dan kerinduan, diikuti oleh perasaan marah dan protes sebelum perasaan kesedihan itu sendiri.
Tentu saja pola ini hanya secara umum saja – intensitas dan lama dari tiap fase beragam dan tidak sama bagi setiap individu. Tidak ada cara yang benar atau cara yang salah; perasaan duka merupakan perasaan yang unik, yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.
Bagi suatu pasangan, perbedaan-perbedaan ini dapat menambah kesedihan. Pada saat sangat membutuhkan seseorang untuk berbagi kesedihan, sungguh tidak mudah untuk dapat mengerti mengapa pasangan Anda tidak memberikan reaksi yang sama seperti Anda.
Perbedaan-perbedaan ini tergantung dari kepribadian tiap individu: ada orang yang secara alami menjadi lebih tertutup dan introspeksi diri, ada yang menjadi lebih ekspresif dan terbuka. Perbedaan-perbedaan yang lebih jauh dapat berasal dari pengalaman kehilangan di masa kecil dan bagaimana keluarga menyikapi perasaan duka tersebut.
JENIS-JENIS KEHILANGAN
Kehilangan orang tua
Hubungan dengan orangtua sangatlah unik, dan pasangan kita akan berusaha untuk dapat mengerti bagaimana perasaan kehilangan yang kita rasakan. Karena orang yang kehilangan lebih berusaha mengatasi kesedihannya, pasangannya berada di posisi yang lebih kuat untuk memberikan dukungan yaitu dengan cara mendengarkan kesedihannya dan menyadari bahwa kejadian-kejadian tertentu terutama hari ulang tahun orang yang telah meninggal dapat mengingatkannya kembali.
Keguguran
Kehamilan yang diinginkan pasti ditunggu dengan perasaan bahagia, tetapi sayangnya, semuanya bisa saja tidak berjalan sesuai rencana. Berbagai masalah dapat menjadi penyebab keguguran. Ibu yang mengandung dapat merasakan kehilangan yang lebih besar daripada pasangannya; sebaliknya, pasangan pun berusaha mengatasi kesedihan yang dirasakannya. Oleh karena itu dukungan sekecil apapun akan sangat berarti bagi kedua pasangan.
Kehilangan bayi
Jika bayi lahir atau meninggal di bulan-bulan pertama kelahirannya, sang ibu akan menyalahkan dirinya walaupun mungkin ia tidak mengerti kesalahan apa yang telah dilakukannya. Pasangan sering mencoba menawarkan dukungan rasional tetapi mereka pun harus mengatasi rasa duka mereka dengan pertanyaan yang tak terjawab "Mengapa"?
Kehilangan anak
Kehilangan anak termasuk yang paling berat untuk dihadapi. Orangtua yang saling berbagi perasaan duka akan lebih mudah melewai proses berkabung. Wajar saja bila salah satu pasangan berada pada tahap perasaan marah, misalnya, pada saat pasangannya hanyut di dalam kesedihan. Sangat penting untuk dapat saling mengerti bahwa keduanya berada pada proses berduka. Juga wajar jika salah satu pasangan mengambil alih peran dan bertanggung jawab demi menjaga kehidupan bersama dan saling memberikan dukungan untuk peran-peran tersebut.
SALING BANTU
Walaupun setiap situasi duka cita dan reaksi tiap individu unik, panduan berikut ini mungkin dapat membantu hubungan Anda dan pasangan:
* Ingat, Anda berdua berbeda dan tidak ada cara yang benar atau cara yang salah dalam mengatasi rasa kehilangan.
* Sisihkan waktu berdua untuk saling berbagi perasaan duka dan membicarakan masa depan.
* Saling membantu dan saling memberikan dukungan agar rutinitas tetap berjalan seperti biasa.
* Ciptakan kesempatan untuk bersama-sama melakukan sesuatu yang menyenangkan, misalnya menonton musik atau film.
* Saling memberikan pengertian untuk memiliki waktu sendiri / privasi.
* Jangan lakukan perubahan besar di dalam kehidupan Anda paling tidak dalam waktu 12 bulan ke depan.
* Saling memberi kesempatan untuk bersedih tanpa salah satu harus menghiburnya.
* Jangan lupa untuk saling memberikan sentuhan kasih sayang sebanyak mungkin.
Apapun bentuk kehilangan yang dialami, pasangan harus beradaptasi pada keadaan yang baru. Sangat alami jika perasaan kehilangan membuat seseorang merasa diasingkan; tetapi jika perasaan ini mulai sembuh, maka seringkali pasangan merasa hubungan mereka menjadi lebih dekat dibandingkan dengan sebelumnya.
Meskipun demikian, jika sebagai pasangan merasa sulit untuk mengatasinya, berkonsultasi dengan ahli akan dapat membantu Anda melewati situasi yang sulit ini.
MENGHADAPI PENYAKIT SERIUS
Penyakit serius yang datang tiba-tiba selalu merupakan kejutan dan butuh penyesuaian yang luar biasa. Efek dari serangan penyakit yang tiba-tiba di dalam suatu hubungan mirip dengan suasana berkabung. Begitu perasaan syok lewat, biasanya muncul kemarahan yang sangat besar. Mungkin juga perasaan menyesal dan bersalah atas apa yang tidak pernah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Setahap demi setahap, perasaan-perasaan ini berubah menjadi kesedihan dan kehilangan.
Banyak orang merasa harus menghadapi emosi ini sendirian dan bahkan menjadi penyendiri dan timbul perasaan marah dan benci. Tetapi bila diantara sesama pasangan dapat membicarakannya secara terbuka, maka akan memberi kemungkinan hubungan mereka justru menjadi lebih dekat.
Bila penyakit didiagnosa tidak dapat disembuhkan, dan hanya tinggal menunggu waktu, maka sisa waktu yang ada dapat merupakan saat-saat yang manis dan pahit.
~: Ada pasangan yang perasaannya kembali seperti dulu yaitu hubungan yang intens tetapi ada lagi pasangan yang merasa menderita karena akan berpisah. Ada yang menyadari bahwa dalam waktu dekat dia akan hidup sendiri dan mulai menjaga jarak baik secara fisik maupun emosi. Hal ini biasanya merupakan respons yang tidak disadari dan alami dalam menghadapi suatu akhir yang tak terhindarkan. KEDEKATAN FISIK Kedekatan fisik merupakan bagian yang penting pada sebagian besar hubungan. Ada pasangan yang menganggap bahwa jika salah satu sakit atau cacat, mereka harus menyerah terhadap kehidupan seksnya. Tetapi, permasalahannya bukan ini! Banyak pasangan yang menikmati cara baru untuk merasakan sensualitas kebersamaan dan mencapai kedekatan fisik. Pada kenyataannya, peningkatan kreativitas diperlukan untuk menyesuaikan keterbatasan tubuh agar dapat membuat seks menjadi lebih baik dari biasanya. Bila kondisi medis membuat Anda mengalami masalah seksual, bicarakan dengan dokter Anda. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai cara mengatasi permasalahan ini. Ingatlah, cinta dapat tumbuh dalam keadaan sehat maupun sakit. Ingat, walaupun seandainya Anda tidak dapat bersama-sama secara seksual tetapi Anda tetap dapat bersama-sama secara sensual. Beri sentuhan-sentuhan mesra dan manfaatkan setiap kesempatan untuk selalu berdekatan. TIPS: * Bicarakan secara terbuka dan teratur. * Beri dukungan kemandirian – dan selalu sediakan waktu bilamana Anda pada posisi pasangan yang merawat. * Bersikap sensual melalui rasa, yaitu dengan mencoba makanan baru bersama-sama. * Menciptakan suasana sensual yaitu dengan memasang lilin dan minyak aromaterapi. *Menikmati kedekatan fisik dengan tangan dan pijatan pada kaki, misalnya dengan mandi bersama serta perbanyak pelukan. * Tertawa bersama.
Ditulis Oleh : DeRA
Kategori : tips cinta,
~:
~: more on www.ae.nu.mu :~

Visitor Ip: 202.3.213.130

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: